Rabu, 30 Desember 2009

BUAH MERAH

(Pandanus conoideus)

Tanaman buah merah adalah tanaman yang masih satu famili dengan tanaman pandan (Wiryanta, 2005). Menurut Budi dan Paimin (2005), taksonomi buah merah secara umum adalah sebagai berikut:

Divisio : Spermatophyta

Class : Angiospermae

Subclass : Monocotyledonae

Ordo : Pandanales

Family : Pandanaceae

Genus : Pandanus

Spesies : Pandanus conoideus

Secara empiris masyarakat Papua sangat mempercayai khasiat buah merah. Buah merah sudah secara turun temurun dikonsumsi masyarakat Papua sebagai sumber pangan, penambah energi dan daya tahan tubuh, sumber pewarna alami, bahan kerajinan dan bahan obat seperti obat mata, cacingan serta penyakit kulit (Budi dan Paimin, 2005).

Buah merah yang dikenal luas di Wamena dengan nama tawi atau sauk akendi adalah tanaman asli Papua. Buah merah bisa tumbuh bergerombol dalam satu area dan jarang tumbuh sendiri. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi (2-200 meter diatas permukaan laut). Tumbuh kompetitif di lingkungan yang lembab, asam (pH 5,4-6,2) dengan suhu 23-32ºC serta kelembapan udara 73-98%.

Tumbuhan ini berdaun lanset sungsang dengan warna hijau tua, ujung daun runcing, pangkal daun memeluk batang dan tepi daun berduri atau tidak berduri tergantung jenisnya. Batang bercabang banyak, akar serabut dan tingi tanaman mencapai 16 meter.

Buah berbentuk silindris, ujung tumpul dengan panjang 96-102 cm dan diameter 15-20 cm. Bobot buah mencapai 7-8 kg. Saat muda berwarna merah muda, dan saat matang berwarna merah terang, namun sebagian kecil berwarna coklat atau coklat kekuningan (Budi dan Paimin, 2005).

Komposisi dan kandungan senyawa aktif buah merah tertera masing-masing pada tabel 1 dan tabel 2.

Tabel 1. Komposisi zat gizi per 100 gram buah merah

Zat Gizi

Kandungan

Energi

394 kalori

Protein

3.300 mg

Lemak

28.100 mg

Serat

20.900 mg

Kalsium

54.000 mg

Fosfor

30 mg

Besi

2,44 mg

Vitamin B1

0,9 mg

Kalium

25,7 mg

Nialin

1,8 mg

Air

34,9 %

(Sumber : Budi dan Paimin, 2005)

Tabel 2. Kandungan senyawa aktif sari buah merah

Senyawa aktif

Kandungan

Total karotenoid

12.000 ppm

Total tokoferol

11.000 ppm

Betakaroten

700 ppm

Alfa-tokoferol

500 ppm

Asam oleat

58 %

Asam linoleat

8,8 %

Asam linolenat

708 %

Dekanoat

2,0 %

( Sumber : Budi dan Paimin, 2005)

Betakaroten dan Tokoferol dikenal sebagai senyawa antioksidan yang mampu mencegah penyakit. Di dalam tubuh, kedua senyawa itu mampu menetralisir zat-zat radikal bebas pemicu beragam penyakit termasuk kanker dan tumor dengan cara menangkal dan memutus rantai radikal bebas yang menyebabkan sel mengalami mutasi genetik hingga berkembang secara liar tanapa terkendali (Anonim, 2005). Selain sebagai antioksidan, betakaroten juga berfungsi memperlambat berlangsungnya penumpukan plak pada arteri, sehingga aliran darah ke jantung maupun ke otak bisa berlangsung lancar tanpa sumbatan. Betakaroten juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena interaksi vitamin A dengan protein yang berperan dalam pembentukan antibodi (Budi dan Paimin, 2005). Tokoferol dalam jumlah yang tinggi (11.000 ppm) merupakan antioksidan penting yang berperan sebagai penangkal radikal bebas untuk mencegah produk sisa hasil interaksi sel (Subroto, 2005). Fungsi tokoferol ibarat pemadam kebakaran yang mematikan serbuan radikal bebas dan menetralisasi kolesterol dalam darah.

Tokoferol juga membantu pembentukan sel-sel baru untuk mengganti sel-sel tua maupun yang rusak. Tokoferol juga dapat munurunkan kadar kolesterol dan LDL, meningkatkan HDL, membantu hati memproduksi asam-asam empedu dan hormon-hormon penting (Anonim, 2006).

Asam lemak dalam buah merah merupakan antibodi dan anti virus alami. Asam lemak aktif melemahkan dan meluruhkan membran lipida virus serta mematikannya. Bahkan, virus tidak berkesempatan membangun struktur baru atau regenerasi. Karena itu, asam lemak efektif menghambat dan membunuh berbagai strain virus dan sel-sel tumor aktif (Budi dan Paimin, 2005).

1 komentar:

  1. If you desire to improve your knowledge just keep visiting this web site and be updated with the most recent news update
    posted here.

    Feel free to surf to my blog - fifa 15 ultimate team hack android ()

    BalasHapus