Kamis, 14 Januari 2010

Moniezia Expanza

Moniezia Expanza

Lokasi

Cacing pita ini ditemukan pada usus halus sapi/lembu, domba dan kambing.

Morfologi

memiliki ukuran 600 cm x 1,6 cm.Cacing pita ini mempunyai scolex dengan lebar360-800 micron yang mempunyai 4 sucker(akat penghisap) dan menonjol. Pada sucker tidak terdapat rostelum dan kait. Proglotidnya lebih lebar dari panjangnya dan masing-masing terdiri dari 2pasang organ reproduksi, dimana porus genitalis terletak di tepi dari proglotid. Ovarium dan glandula vitelaria membentuk cincin pada tiap sisi di median canalis ekskretori. Testis tersebar dengan glandula interproglotida ada di sepanjang lebar proglotid, ditengahnya terdapat canalis ekskretori. Batas posterior tiap proglottid adalah barisan glandula interproglottid. Telur-telurnya adalah triangular yang berdiameter 50-60 micron dan berisi apparatus pyriformis yang berkembangdengan baik.

Siklus hidup

telur dan proglotid keluar bersama tinja, proglotid dapat termakan oleh burung sehingga dapat menyebarkan infeksi. Satadium infektif (cysticercoid) berkembang di tungau Cribatidae(hospes intermedier) selama ± 4 bln. Hospes defenitif terinfeksi karena makan tungau bersama tumbuh-tumbuhan. Cacing ini memiliki periode prepaten selama 37-40 hari

Patogenesis

Pada umumnya hanya hidup dibawah 6 bulan dari saat memperlihatkan gejalanya, meskipun hewan-hewan dewasa juga bisa mengandung parasit. Gejala klinisnya tidak diketahui dengan jelas. Sampai parasit tumbuh cepat, pembuangan hasil metabolisme, jika diabsorbsi bisa menyebabkan beberapa penyakit.

Diagnosis

Parasit ini bisa didiagnosis dengan menemukan proglottid gravid atau karakteristik telur dalam feses.

Pengobatan

Pada perkembangan secara teoritis copper sulfat dan nikotin sulfat atau kamala, digunakan untuk domba.

Pencegahan

Cara untuk mencegah masuknya cacing ini adalah dengan memperhatikan kebersihan pakan, sehingga tidak terdapat tungau yang bisa membawa Moniezia expansa masuk kedalam tubuh hospes. Melakukan sanitasi kandang sehingga telur Moniezia expansa tidak dapat berkembang baik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar